INOVASI PERTANIAN DI INDONESIA

Kekayaan sumber daya alam di Indonesia tidak perlu di ragukan lagi, hal ini terbukti dengan letak goegrafis yang sangat mendukung untuk pertumbuhan sumber daya alam. Secara riil memang Indonesia sangat kaya dengan alam akan tetapi bagaimna dengan distribusinya terhadap negara, ekonomi ataupun sosial. Hal ini yang kemudian perlu untuk kita kritisi, kontemporer persaingan pasar, ekonomi serta politik di dunia selalu dipengaruhi oleh modernisasi atau westernisasi oleh pihak negara dunia satu kepada negara berkembang. Ketergantungan ini yang kemudian menimbulkan banyak masalah di negara berkembang, kemiskinan semakin tinggi, pengangguran yang frekuensinya semakin meluas tentunya ini yang menjadi masalah besar bagi Indonesia sebagai negara berkembang.

Pertanian dan kemiskinan merupakan satu paket masalah di Indonesia. Katanya kita kaya akan sumber daya alam, akan tetapi sepertinya regulasi masih belum memperhatikan potensi tersebut. Alih-alih tidak memberikan keuntungan mungkin yang menjadi penghambat, negara merasa pertanian di Indonesia masih belum memberikan keuntung untuk negara yang akhirnya masalah pertanian jadi dimarjinalkan. Padahal seandainya negara ini melindungi kekayaan sumber daya alam dan memanfaatkanya demi untuk pembangunan sosial dan ekonomi perlahan akan memberikan dampak terhadap kesejahteraan masyarakat dan negara tentunya.

Pasal 33 Ayat (3) UUD 1945 menyatakan, “Bumi dan air dan kekayaan yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh Negara dan digunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.”. jika dilihat dari sisi regulasi sudah jelas tertera bahwa kekayaan alam “dikuasai” dilindungi oleh Negara, Negara harus dengan tepat memberikan perlindungan terhadap pertanian, harus bisa memberikan keuntungan bagi masyarakat maupun Negara. Saya rasa musuh besar dari pertanian Indonesia adalah investor dan barang impor, dua hal ini yang membuat Negara berpaling untuk memperhatikan kondisi pertanian khususnya di daerah pedesaan. Ketergantunagn terhadap investor dan barang impor hanya akan menguntungkan para pelaku kapital dan masyarakat pertanian dirasa akan susah mendapatkan akses dalam pembangunan ekonomi. Jika kita perhatikan kondisi pertanian di Indonesia sungguh sangat memprihatinkan, keberadaan barang impor perlahan menggeser peran pertanian lokal, semua sudah diambil alih oleh para pelaku akumulasi kapital dan kita sebagai bangsa yang kaya akan sumber daya alam terlihat lucu, memiliki tapi masih mau membeli. Hal ini yang harus segera dibenahi oleh pemerintah.

Perlu ada inovasi terhadap pertanian di Indonesia yaitu dengan memberikan perlindungan dan perhatian yang lebih khusus guna untuk pembangunan berkelanjutan dan keuntungan ekonomi serta sosial. Tanpa adanya perubahan strategi negeri ini akan terus bergantung dengan Negara-negara maju lainya, yang artinya Negara ini hanya akan menjadi penonton bukan pelaku. Coba kita perhatikan mengapa kebanyakan Negara-negara di belahan Eropa begitu melesat maju, tentu karena mereka memanfaatkan sumber daya yang dimiliki baik itu sumber daya alam atau sumber daya manusia, bagaimna Negara-negara maju berpolitik dengan sumber daya yang dimiliki itulah kekuatan yang harus dimiliki oleh Negara yang mau maju.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s