Pilihan

Saya adalah orang yang percaya bahwa dalam kehidupan manusia akan dihadapkan oleh sebuah “pilihan”, seperti saya semenjak satu atau lebih dari satu bulan ke belakang ini tidak mampu menulis, karena ada beberapa kesibukan yang memborgol tanganku untuk menulis, dan saya sangat benci itu.

mengapa harus ada pilihan dalam hidup? pernyataan ini yang selalu terngiang dalam pikiranku, mengapa harus ada kotak-kotak misterius di hadapanku dan harus memaksa aku untuk mengambil salah satu darinya. Mengapa tidak aku ambil saja semua kotak-kotak itu, kan aku bisa memiliki semuanya tanpa harus ada “pilihan”. Akan tetapi semua tidak segampang itu, manusia sejatinya adalah mahluk berkebutuhan, butuh kepuasan materi, butuh kepuasan rohani, butuh kepuasan emosional.

Mengapa saya harus memilih? untuk mempertahankan status quo atau untuk mengubah tujuan hidup, di sanalah perannya “pilihan”. Pilihan yang benar maupun pilihan yang salah, dua-duanya merupakan sebuah keniscayaan tanpa ada penolakan. bukankah kita telah memilih sesuatu itu atas dasar kepercayaan yang ditanamkan sebelumnya pada pilihan tersebut, lalu mengapa muncul sebuah “pilihan” yang salah?. Menurut Sujiwo Tejo sebenarnya salah dan benar itu tidak ada, itu hanyalah buah hasil dari konstruksi manusia. Manusia dengan segala keterbatasannya akhirnya terciptalah sesuatu yang disebut dengan salah dan benar.

Apakah saya salah? apakah saya benar?

Iklan

Satu pemikiran pada “Pilihan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s