Membela Buku-Buku

Katanya buku itu mulia, tapi begitu sulit untuk dibela. Sesulit membela burung-burung dari pemburu. Ketika orang sudah melupakan buku, maka sejujurnya kita telah melupakan “diri”. Bukankah sejarah yang menjadikan kita hidup, sedang sejarah itu ditulis dalam buku.

Katanya buku itu baik, tapi begitu banyak orang tidak baik sangka padanya. Seperti yang asing, orang-orang membelakangi. Padahal jika mau berteman dengannya, kamu akan menjadi serba tahu apa-apa. Maka hanya orang yang banyak tahu yang sudah berteman dengan buku.

Katanya lagi, buku-buku hanya tumpukan yang akan usang. Coba tengok pada buku-buku yang menjejer di rak perpustakaan kota, beberapa buku di 5 tahun lalu diletakkan di sudut rak dan tak tersentuh mungkin sampai 5 tahun berikutnya lagi. Sulit rupanya peduli sama semua buku-buku.

Satu kelompok mahasiswa mengunjungi perpustakaan kota, duduk melingkari meja di antara rak-rak buku. Memilih beberapa buku untuk referensi tugas dari dosen, membukanya dimulai dari halaman tengah yang sesuai dengan kebutuhan tugas. Membaca hanya untuk tugas belum lagi untuk mencitai buku. Karena jika tak ada tugas, tak ada buku-buku.

Begitulah rupa-rupa nasib buku zaman sekarang. Belum lagi perihal minat baca, dan itu sudah menjadi rahasia umum bahwa minta baca sama nasibnya dengan buku-buku. Keduanya amat terlupakan. Keduanya sangat sulit untuk dibela.

Suatu pagi Aku menyirami pepohonan dan tanaman di halaman rumahku, melalui angin ia menyampaikan kata bahwa buku-buku adalah anaknya. Maka jika kamu tidak bisa membela buku-buku setidaknya rawatlah alam dan pohon-pohon. Dari dia lahirlah buku-buku. Dan dia yang lebih awal diciptakan sebelum manusia.

Jika memang tidak sempat membela buku-buku, tidak sempat membela manusia-manusia, maka belalah alam. Hidup haruslah bermanfaat.

Iklan

Satu pemikiran pada “Membela Buku-Buku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s